Blog nya Urang Kuningan Asli, semua informasi Dan Berita Terhangat Tentang Kota Kuningan

Recent Posts

Kumpulan Tempat Wisata di Kota Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

24 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi


Kuningannewz – Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata. Alamnya yang indah, potensi air terjun serta dan air panasnya membuat Kuningan bisa anda jadikan sebagai alternatif liburan bersama keluarga.

Kuningan sendiri memiliki 32 Kecamatan dan 361 Desa. Kawasan Kuningan memiliki kontur yang datar dan berbukit di kawasan bagian barat dan selatannya. Kabupaten Kuningan memiliki luas sekitar 1.178,58 km2 dan berbatasan dengan beberapa Kabupaten lainnya, di Sebelah Utara : Kabupaten Cirebon, Sebelah Timur : Kabupaten Brebes (Jawa Tengah), Sebelah Selatan : Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah), Sebelah Barat : Kabupaten Majalengka.
Beberapa tempat wisata di Kuningan yang sudah tidak asing lagi terutama bagi warga aslinya seperti pemandian Cibulan, Curug Sidomba, Curug Putri dan sebagainya. Namun masih ada beberapa lagi diantara tempat wisata di Kuningan yang belum terlalu diekspos.
Nah, kali ini  akan mengajak anda jalan-jalan ke tempat wisata di Kuningan, baik yang sudah terkenal ataupun yang belum terkenal. Akan lebih baik lagi kalau pembaca berkenan untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kuningan Jawa Barat.
Berikut ini 24 tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba:

1. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan
Tempat wisata di Kuningan yang pertama adalah pemandian Cibulan yang sudah sangat populer bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Kuningan.
Objek wisata cibulan ini memiliki sejarah panjang peradaban islam di tanah Jawa. Menurut ceritanya, disini pernah menjaditempat persinggahan Prabu Siliwangi. Pemandian Cibulan ini berada di desa Manis Kidul , Kuningan Jawa Barat.
Di kolam pemandian disini ada ikan dewa yang kono usianya sudah berumur ratusan tahun, dan percaya tidak percaya ikan ini hilang ketika kolam di bersihkan, adapula warga setempat yang melihat ikan tersebut berubah menjadi duri-duri ikan ketika malam bulan purnama. Namun ini semua tentu hanya mitos yang berkembang di masyarakat.

2. Taman Nasional Gunung Ciremai ( Curug Putri )

Taman Nasional Gunung Ciremai ( Curug Putri )
Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah taman nasional Gunung Cermai yang merupakan salah satu tujuan faavorit wisatawan pecinta alam.
Di taman nasional ini terdapat air terjun yang tidak boleh kita lewatkan. Keindahan alamnya yang masih terjaga membuat taman nasiona ini terlihat asri dan sangat menawan.
Disini juga terdapat tempat bascam para pendakian Gunung Ciremai dan bentangan luas perkebunan, jadi tempat ini sangat lah cocok dan wajib untuk anda kunjungi.

3. Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari
Situs Purbakala Cipari menjadi tempat wisata di Kuningan yang tidak boleh anda lewatkan. Situs ini merupakan peninggalan masa prasejara era megalitikum dari masyarakat purba yang hidup di daratan sunda Besar, yaitu dataran yang mencakup daratan tinggi Sumatra, jawa, Kalimantan serta laut yang menghubungkan ketiganya pada sekitar tahun 10.000 tahun yang lalu.
Mengenai kebenarannya kita tidak bisa memastikannya, karena
Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan di masa lalu, sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini salah satunya dari kalangan Mahasiswa bahkan sekolah dasar.

4. Curug Sidomba Kuningan

Curug Sidomba Kuningan
Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah curug Sibonda yang terletak di desa Peusing kecamatan Jalaksana Kuningan. Curu ini menjadi objek wisata Kuningan yang tidak boleh nada lewatkan.
Untuk penamaan Curug ini senidir berasal dari ‘Cidomba’ yang memiliki arti binatang domba atau kambing karena di daerah ini banyak terdapat binatang domba.
Curug sidomba memiliki ketinggian sekitar 3 meter saja dan sudah terdapat fasilitas pendukung objek wisata ini, seperti restaurant, ‘saung’, tempat bermain anak dan juga terdapat binatang aneh salah satunya kambing bertanduk 3.
Dilokasi ini juga terdapat masjid dengan menara tinggi dengan jumlah 99 anak tangga. Dari atas menara anda dapat menikmati pesona alam yang tak kalah indahnya dengan objek wisata kuningan lainnya.

5. Taman Wisata Alam Linggajati

Taman Wisata Alam Linggajati
Taman wisata alam linggarjati menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya, nama Linggarjati tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, nanti akan kita ulas juga mengenai Linggarjati lebih detail.
Di Taman ini, udaranya sangat segar dan sejuk, taman ini sangat cocok untuk tempat rekreasi dan perkemahan, dengan fasilitas kolam renang, kolam pemancingan, sepeda air, dan sarana akomodasi.
Lokasinya taman wisata alam linggarjati berada di Desa Linggarjati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan. Jarak dari Kota Kuningan 14 km kearah utara dan 26 km dari kota Cirebon. Luas areal 11,5 ha, dengan suasana sejuk, cocok sebagai

6. Waduk Darma

Waduk Darma Kuningan
Waduk darma menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya, waduk ini sudah dikembangkan menjadi objek wisata keluarga.
Disini anda bisa berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah pasti membuat anda betah berlama-lama disini.
Anda bisa melihat pemandangan di pinggir waduk berpua pemandanga menghijau dan bukit yang menjulang tinggi. Waduk ini berlokasi di Kec. Darma, 12 km dari Kota Kuningan ke arah Barat Daya, atau sekitar 37 km dari Kota Cirebon.
Untuk lebih lengkap klik DISINI

7. Sumur Tujuh Cibulan

Sumur Tujuh Cibulan
Sumur tujuh berada di kawasan pemandian Cibulan seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1 di atas.
Sumur ini konon merupakan merupakan tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci ketika bersemedi dan juga merupakan salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam di Kuningan melalui kegiatan para Wali Songo.
Sumur tujuh berada di Desa Manis Kidul Kec. Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke arah Utara, atau sekitar 28 Km dari Kota Cirebon menuju Selatan.

8. Talaga Remis

Talaga Remis
satu lagi tempat wisata alam di Kuningan yang bisa anda kunjungi, telaga Remis. Telaga remis ini berada di kaki gunung Ciremai. Sehingga membuat hawa disini sangat sejuk dan pemandangannya juga Asri.

Jika anda tertarik untuk liburan bersama keluarga disini, datang saja ke Desa Kaduela, Kuningan, Kecamatan Mandirancan, berjarak kurang lebih sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan.
Telaga ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau anak-anak, dengan perpaduan pesona alam pergunungan, hutan serta air. yang jernih dan udara yang sejuk.

9. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
Masih berupa wisata alam, ada satu lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi, yakni kebun raya Kuningan. Kebun Raya Kuningan ini bisa anda jadikan tempat liburan bersama keluarga.
Kebun Raya Kuningan ini berada di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan, dengan luas sekitar 176 ha, dengan topografi berbukit-bukit (490-870 m dpl).
Objek wisata ini juga akan dikembangkan kedepannya sebagai wahana wisata alam dan ilmiah (ecoturism), guna lebih mengenal flora dan fauna endemik Gunung Ciremai.

10. Open Space Gallery Kuningan

Open Space Gallery Kuningan
Bagi pecinta seni, Open Space Gallerry menjadi tempat wisata di Kuningan yang wajib anda kunjungi.
Disini anda akan merasakan suasana yang sarat akan nilai-nilai budaya dengan konsep terbuka.
Disini juga sering diadakan untuk pagelaran kesenian/budaya, terutama pada penyambutan tahun baru.
Open Space Gallerry terletak di kawasan wisata Linggarjati Cilimus, atau sekitar 14 km dari kota Kuningan ke arah Utara.

11. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung ini menjadi saksi sejarah perjanjuan ini bangsa ini dengan Penajah Belanda pada 10-13 November 1946. Gedung ini berada tidak jauh dari Taman Wisata Linggarjati Indah (+100 m).
Bangunan ini masih dirawat dengan baik, dan perabotan yang ada di gedung ini masih sama persis seperti yang digunakan dalam Perundingan Linggarjati. Terdapat sejumlah foto dokumentasi yang terpajang di dinding, termasuk foto Ketua Delegasi Indonesia yaitu Sutan Sjahrir serta beberapa delegasi Belanda seperti Ivo Samkalden, Schermerhorn dan P Sanders.
Untuk menuju gedung museum ini, Anda bisa naik elf dari Cirebon ke Kuningan dan turun di Cilimus. Kemudian naik angkot jurusan Cilimus-Linggarjati. Museum ini buka mulai jam 07.00-15.00 WIB untuk hari Senin – Jumat dan jam 08.00-17.00 WIB untuk hari Sabtu – Minggu.

12. Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami

Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami
Tempat wisata di Kuningan berupa pemandian air panas ada di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cilimus, tidak jauh dari Kawasan wisata Linggarjati atau 1 km ke sebelah timur dari Taman Wisata Linggarjati Indah.
Pemandian ini menjadi tempat favorit untuk mengendorkan urat-urat yang tegang, sekaligus untuk mencicipi olahan hidangan ikan air tawar dan hangatnya air panas alami.
Sangkanhurip Alami merupakan sebuah tempat rekreasi pemandian air panas alami beryodium. Kawasan Sangkanhurip Alami tersedia banyak penginapan, dari mulai kelas melati hingga bintang, dengan fasilitas SPA serta fasilitas wisata kuliner gurame bakar.

13. Lembah Cilengkrang Kuningan

Lembah Cilengkrang Kuningan Kuningan
Lembah Cilengkrang menjadi tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan alam yang masih asri. Bagi anda yang suka dengan wisata petualang, lembah ini wajib dikunjungi saat di Kuningan.
Wisatawan disini akan merasakan sensasi mendaki (hiking) dan berkemah, serta dengan keistimewaan adanya 2 buah curug (C. Sawer dan C. Sabuk), ditambah dengan adanya pemandian air panas alami, dan jika beruntung akan dapat melihat Burung Elang Jawa (Spizaetus bartelsi). Terletak di sebelah Barat Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya atau +13,5 km dari pusat kota Kuningan ke arah Utara.

14. Balong Cigugur Kuningan

Balong Cigugur Kuningan
Balong Cigugur lokasinya berada di pinggir jalan raya Cirebon- Kuningan-Ciamis. Lokasinya tidak jauh (+1km) dari Taman Purbakala Cipari.
Disini anda dapat berendam / berenang dengan ditemani Ikan Kancra Bodas, namun saat ini terutama pada hari libur, sedang trend / lebih ramai digunakan untuk mendapatkan terapi ”pijat” dari Ikan ”Nilem Mangut”, terutama pada bagian kaki kita.
Tidak jauh dari sini (+100m ke arah selatan) anda juga dapat mengunjungi Cagar Budaya Nasional Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur, yang setiap tahunnya menjadi pusat diadakannya acara tradisional Seren Taun

15. Palutungan Kuningan

Palutungan Kuningan
Palutungan Kuningan via tryswanphoto.blogspot.com
Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang tidak boleh anda lewatkan yakni Palutungan yang berada di kawasan Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, atau + 9 km dari kota Kuningan ke arah Barat.
Disini menjadi tempat terbaik untuk berkemah dan berwisata, dengan dukungan lokasi yang luas, mudah dicapai dan kondisi udara yang sejuk, air yang jernih serta dihiasi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi.
Di sekitar area bumi perkemahan terdapat dua buah curug yaitu Curug Ciputri dan Curug Landung yang menyajikan keindahan air terjun alami.

16. The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park Kuningan
Wahana liburan di Kuningan terbaru yang bisa anda kunjungi adalah The Mountain Recreation Park. Waterboom ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga terutama anak-anakm juga oleh orang dewasa.
Lokasi The Mountain Recreation Park berada di Komplek Pesona Alam Kuningan Residence, Jalan Raya Cirendang-Cigugur Kuningan.
Untuk menuju tempat ini cukup mudah, karena akses jalan yang ada sudah cukup bagus dan letaknya tidak jauh dari kota. Wahana air ini terletak di Jalan Cirendang-Cigugur, Meskipun terhitung baru taman rekreasi ini bisa menjadi pilihan tempat wisata di Kuningan yang layak dicoba.

17. Curug Bangkong

Satu lagi tempat wisata di Kuningan berupa air terjun yang bisa anda kunjungi yaitu Curug Bangkong. Curug Bangkong ini berada di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Air terjun ini lokasinya tidak jauh dari objek wisata Waduk Darma. Curug Bangkong ini memiliki tinggi lebih dari 20 meter dan telah dibangun tanggul untuk pengaman dari abrasi sungai.
 Bagi pecinta alam, air terjun menjadi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Kuningan.

18. Taman Salsabila

Taman Salsabila
Taman Salsabila vai visitkuningan.com
taman Salsabila bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan di Kuningan bersama keluarga.Taman Salsaila berada di Jalan Desa Panawuan, Cigandamekar, Kuningan, bungalow yang ada di Salsabila memiliki keunggulan dari segi artistik dan juga kenyamanan.
Dengan mengusung gaya rumah khas Eropa, diyakini penginapannya tersebut adalah tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan saat pengunjung mencobanya.
Letaknya di Jl. Panawuan No.2 Rt.01 Rw.0 Desa Panawuan, Kec. Cigandamekar, kab. Kuningan.

19. Situ Cicerem Kuningan

Situ Cicerem menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya yang wajib anda kunjungi, dengan air biru dan jernih membuat Situ atau danau ini sangat eksotis.
Danau ini memiliki kedalamansekitar 4-5 meter saja dengan luasnya yang tidak terlalu lebar. Situ Cicerem dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan tinggi sehingga menjadikan tempat ini sangat sejuk dan berudara yang segar.
Situ Cicerem ini juga bisa anda jadikan sebagai tempat berenang, bahkan kegiatan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah air dan melihat ikan-ikan yang ada. Bagi kamu yang tidak dapat berenang, kita juga dapat menikmati pemandangan sekitar Situ Cicerem dari bawah pohon yang ada ditepi situ dapat menjadi  pilihan  aktivitas untuk kita yang bisa dilakukan

20. Gunung Ciremai

Bagi anda yang memiliki hobi mendaki, coba taklukan gunung Ciremai dengan ketinggian sekitar 3.078 Meter di atas permukaan laut.
Di puncak gunung inianda bisa melihat sepasang kawah yang berpotongan, yaitu di ketinggian sekitar 2.900 Meter di atas permukaan laut.
Gunung Ciremai merupakan gunung soliter yang terpisah dari gunung-gunung lain, dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dengan luas sekitar 15.000 Hektar.
Gunung ini menjadi salah satu tujuan mendaki favorit wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari daerah lainnya.

21. Desa Sitonjul Kuningan

Salah satu desa wisata di Kuningan yang bisa anda kunjungi yaitu Desa Sitonjul. Desa ini masih di daerah Sangkanhurip ata sekitar ± 13 km ke arah utara dari Kuningan atau ± 24 km dari arah kota Cirebon ke arah selatan.
Di tempat ini anda akan melihat suasana pedesaan yang asri dengan berjalan kaki sekitar 4 Km menyusuri alam perdesaan dimulai dari Dusun Simenyan Kidul, Hutan Rakyat, Makam Umum, Tegalan dan Pesawahan, Bulak Jati, Dusun Tonjong, Pesawahan, Tanggul Irigasi, Bendung Katiga diakhiri di Dusun Munjul Kaler.
Selain pemandangan dan keunikan alam pedesaan yang indah, selama perjalanan anda akan menyebragi sungai bahkan bisa mandi di sungai tersebut layaknya menjadi penduduk desa setempat.

22. Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan
Telaga Nilem via fokusjabar.com
Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan yakni Telaga Nilem yang masih ada di dalam kawasan kompleks wisata Telaga Remis Kabupaten Kuningan yang tak jauh dari Kabupaten Cirebon dan Majalengka, lokasi tepatnya ada di Desa Kaduela, Kec. Paswahan – Kuningan.

Telaga ini memiliki kedalaman paling dalam sekitar 3 meter saja. Di tepi telaga juga terdapat 2 buah gazebo untuk beristirahat menikmati suasana, selain sebuah warung yang terdapat disisi sebalahnya.
Telaga nilem ini setiap harinya selalu ramai pengunjung, terutama saat siang menjelang sore hari. Demikian seperti yang diungkapkan pemilik warung di tepi telaga.

23. Kolam Renang Sanggariang Kuningan

Kolam Renang Sanggariang Kuningan
Kolam renang via sanggariang.blogspot.com
Kolam renang Sanggariang menjadi tempat wisata di Kuningan berupa kolam renang yang bisa anda kunjungi saat liburan bersama keluarga atau rekan-rekan.
Lokasi kolam renang ini ada di Jl. Siliwangi No.75, Kec. Purwawinagun – Kuningan

Karcis / Tiket Masuk Kolam Renang Sanggar Riang : 
  • Anak-anak     : Rp. 6.000,-
  • Dewasa         : Rp. 7.000,-

Sanggar Riang, merupakan kebanggaan Kuningan karena satu-satunya Kolam Renang yang lokasinya berada di tengah-tengah perkotaan Kabupaten Kuningan sehingga Kuningan menjadi lebih indah, segar dan mempesona.

24. Pemandian Air Panas Subang Kuningan


foto: ian bahtiar
Tempat wisata di Kuningan yang terakhir yang bisa anda kunjungi ada di Desa Subang. Pemandian di Desa Subang ini memang belum terkspos ke luar.
Lokasi pemandian air panas ini berada di Dusun Kliwon, Desa Subang, Kec. Subang – Kuningan.
Kalau untuk warga sekitar memang pemandian ini dijadikan sebagai tempat untuk merelaks dan mengendorkan otot-otot yang kaku.
Bagaimana anda tertarik untuk menikmati perenggangan otot-otot disini?

SUMBER




0 komentar:

Post a Comment

close
FIFORLIF DIET DAN DETOX
Kumpulan Tempat Wisata di Kota Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi